Minggu, 04 Juli 2021

SOAL USBN PKWU (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN) Program SMA

 SOAL USBN PKWU (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN)

 

1.    Ciri-ciri wirausaha adalah, kecuali….

A.   percaya diri

B.   mampu menangkap peluang

C.   bekerja keras dan tekun

D.   mempunyai perencanaan yang matang

E.    mengharap bantuan dari investor

2.    Sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakan dengan orang lain adalah  …

A. Kreatifitas

B. Karakteristik

C. Kharismatik

D. Bakat

E. Percaya diri

3.    Kebiasaan yang harus dihindari oleh seorang wirausahawan adalah ……

A. Percaya diri 

B. Produktif

C. Inovatif

D. Bermalas-malasan

E. Disiplin waktu                                                                        

4.    Yang termasuk bidang usaha agraris adalah …..

A.  penetasan ikan, pertanian, dan perkebunan

B.  pemeliharaan ikan, perkebunan dan kehutanan

C.  pertanian , kerajinan dan pengolahan makanan

D.  kehutanan, perkebuanan, pertanian

E.   pengolahan makanan ikan, pemeliharaan ikan, pengankutan ikan

5.    Dalam menentukan produk/ barang yang akan dihasilkan, salah satu pertimbangan bagi seorang  wira-usahawan adalah …

A. Permintaan pasar yang sedang sepi

B. Kebutuhan konsumen

C. Kebutuhan produsen

D. Kondisi perusahaan lain

E. Permintaan produsen

6.    Suatu usaha dari produsen atau pemasar  dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya disebut dengan …..

A.  Distribusi                       D. Konsumsi

B.  Promosi                         E. Distributor

C.  Produksi

7.      Salah satu ciri kerajinan berbahan lunak adalah....

A. mudah didapat

B.  bentuknya bagus                      

C. mudah dibentuk 

D. harganya murah                                   

E.  sulit dibuat

8.      Contoh kerajinan dari bahan lunak alami adalah...

A.    tanah liat, serat alam dan kulit        

B.     guci, tas, kardus

C.     gerabah, vas bunga, guci                    

D.    tas, dompet, topi

E.     Bubur kertas, gyps, fiberglass

9.     

Alat pemutar yang digunakan untuk membuat keramik disebut dengan …

A.  subang pelarik

B.  canting

C.  casting

D.  plakat

E.   cukil

 

10.  Teknik yang sering digunakan untuk pembuatan kerajinan dari bahan alam, yaitu…..

A.    mencetak

B.     pahat

C.    anyam

D.    cor      

E.     pijit

11.               

Media promosi disamping disebut dengan…..

A.   Spanduk

B.   Baliho

C.   Umbul-umbul

D.   Billboard

E.    Brosur

12.  Cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT di bawah ini, kecuali…..

A.    Melihat kekuatan yang dimiliki

B.     Melihat keuntungan/ laba yang diharapkan

C.     Melihat kelemahan yang dimiliki

D.    Melihat peluang yang dimanfaatkan

E.     Melihat ancaman yang bisa timbul

13.  Dalam analisis SWOT, O adalah Oportunity yang artinya, adalah….

A.  Kekuatan

B.  Peluang

C.  Kelemahan

D.  Ancaman

E.   Persaingan

14.  Arti penting analisis break even point  (BEP) unit bagi manajer perusahaan dalam pengambilan keputusan  adalah….

A.  Untuk menentukan jumlah barang yang harus diproduksi

B.  Untuk menentukan harga jual maksimal

C.  Untuk  menentukan harga jual minimal

D.  Untuk menentukan jumlah barang maksimal yang harus terjual

E.   Untuk menetukan jumlah minimal barang yang harus terjual 

15.  Setiap orang pemakai barang/ atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan, disebut dengan….

A.    Produsen

B.     Konsumen

C.     Distributor

D.    Supplier

E.     Investor

16.  Penilaian pelanggaan terhadap produk atau pelayanan yang telah memberikan tingkat kenikmatan seperti yang diharapkan termasuk pengertian dari...

A.  Kepuasan pelanggan

B.  Kebutuhan pelanggan

C.  Prinsip kepuasan pelanggan

D.  Faktor kepuasan pelanggan

E.   Ketidakpuasan pelanggan

17.  Teknik untuk mengetahui kepuasan pelanggan dengan cara membuat forum diskusi, yang dipandu oleh nara sumber profesional dari sebuah perusahaan, disebut dengan….

A.    Focus Groups

B.     Random Interview

C.     Customer Satisfaction

D.    Face to face

E.     Door to door

18.  Untuk mewujudkan terciptanya kepuasan pelanggan dapat dilakukan tindakan sebagai berikut kecuali...

A.    Sikap ramah terhadap pelanggan

B.     Memberikan salam dan ucapan terimakasih kepada pelanggan

C.     Murah senyum dan mudah bergaul dengan pelanggan

D.    Berpenampilan serasi dan selalu menghargai pelanggan

E.     Tidak bersikap ramah terhadap pelanggan

19.  Berikut yang merupakah salah satu contoh bahan kemasan produk yang ramah lingkungan adalah …..

A.    Styrofoam

B.     Plastik

C.     Karton

D.    Kaca

E.     Serat bambu

20.  Istilah lain dari kemasan adalah…..

A.    Sack                       D. Dos

B.     Packaging             E. Pocked

C.     Cupingflap

21.  Gambar dibawah ini disebut dengan....

A.  Kode batang

B.  Kode Perusahaan

C.  Kode Dagang

D.  Kode Industri

E.   Kode Exp

22.  Karya seni/kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utamanya di sebut….

A. Kerajninan Kayu                           

B.  Kerajinan Tangan              

C. Kerajinan Tekstil

D. Kerajinan Plastisin                         

E.  Kerajinan Logam   

23.  Dibawah ini adalah benda yang termasuk kerajinan tekstil, kecuali…….

A. Patung                                          

B.  Tirai                                   

C.  Taplak meja makan

D. Bed cover                                      

E.  Tutup tudung saji

24.   

Description: C:\Users\engkung\Pictures\biji-kesumba.jpg

Biji kusumba digunakan untuk pewarna alam, yang menghasilkan warna.....

A. Hijau

B.  Kuning

C. Merah

D. Hitam

E.  Hijau tua

 

25. 

A.       

 

Yang termasuk karya batik dengan teknik jumputan adalah .....

B.       

 

Description: C:\Users\engkung\Pictures\unnamed (1).jpg

C.       

 

Description: C:\Users\engkung\Pictures\img_04422.jpg

Description: C:\Users\engkung\Pictures\Cara Membuat Anyaman Kertas Yang Cantik 201608.jpg

 

D.       

 

Description: C:\Users\engkung\Pictures\tenun ntt -motif buna insana.jpg

 

E.        

 

Description: Description: Batik Motif Kawung

 

26.  Dibawah ini merupakan kegiatan didalam pembenihan ikan, kecuali

A. Pemijahan induk                                        D. Penetasan telur

B. Pemilihan induk                                         E. Penyortiran

C. Persiapan sarana dan prasarana

27.  Suatu kegiatan pemeliharaan benih ikan setelah periode larva sampai dihasilkan ukuran benih tertentu yang siap untuk didedarkan, merupakan pengertian dari

A. Benih ikan                                      C. Perikanan                            E. Pembudidayaan

B. Pendederan                                                D. Pembenihan

28.  Berikut ini adalah faktor prospek budidaya ikan konsumsi yang menjanjikan, kecuali....

A. Jumlah penduduk indonesia yang banyak

B. Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat

C. Terbatas hasil tangkapan nelayan

D. Rasa ikan yang lezat

E. Meningkatnya daya beli mayarakat

29.  Keuntungan penjualan dengan sistem konsinyasi bagi pemilik produk, adalah.....

A. Mendapat komisi dari hasil penjualan

B.  Pemasaran produk bisa lebih luas

C. Tidak menanggung biaya pengiriman barang

D. Tidak menanggung biaya promosi

E.  Mendapat garansi bila barang rusak

30.  seorang penjual dikatakan terampil dan professional dalam menjual jika memiliki kemampuan menjual yang memuaskan

A.    diri sendiri

B.     orang lain

C.     keluarga

D.    pelanggan/ pembeli

E.     pemasok

31.  berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melangkah pada menjual produk barang atau jasa dari perusahaan, KECUALI

A.    mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan

B.     mengetahui perkembangan permintaan

C.     mengetahui perkembangan penawaran

D.    menyediakan persediaan barang daganagn untuk disimpan dalam gudang

E.     membuat program pemasaran

32.  produk kerajinan yang dibuat akan menyesuaikan dengan tempat akan diletakannya produk tersebut, penempatannya dapat berupa

A.    resmi dan tidak resmi

B.     interior dan eksterior

C.     negeri dan swasta

D.    tinggi dan rendahnya ukuran

E.     dalam negeri dan luar negeri

33.  selera pasar yang beragam juga akan membuka peluang produk kerajinan untuk memasuki pasar dengan limited edition yang berupa

A.    keunikannya

B.     penetapan harganya

C.     sumber dayanya

D.    jenis materialnya

E.     fungsinya

34.  biyaya untuk membersihkan bahan baku, biyaya untuk mengangkut limbah ke tempat produksi, merupakan salah satu unsur biyaya produksi yang berupa

A.    biyaya bahan baku

B.     biyaya tenaga kerja

C.    biyaya overhead

D.    biyaya transportasi

E.     biyaya promosi

35.  selain berfungsi melindungi produk dari benturan dan cuaca juga memberikan kemudahan dalam membawa, adalah

A.    fungsi tempat

B.     fungsi guna

C.     fungsi pengangkutan

D.    fungsi kemasan

E.     fungsi perlindungan

36.  membuat simpul pada bahan serat alamai agar menjadi motif jumputan sebelum direbus dengan pewarna kain. Tahapan proses produksi yang berupa

A.    pembahanan

B.     perakitan

C.     pembentukan

D.    finishing

E.     pencelupan

37.  melakukan pengukuran, pemotongan, memahat, menganyam, merangkai adalah tahapan proses produksi yang berupa

A.    perakitan

B.     pembentukan

C.     finishing

D.    pencelupan

E.     starting

38.  melakukan pewarnaan dengan cat, menghaluskan permukaan dengan amplas adalah tahapan produksi yang berupa

A.    perakitan

B.     pembentukan

C.    finishing

D.    pencelupan

E.     starting

39.  di bawah ini termasuk teknik memasak kering adalah

A.    perebusan

B.     memanggang

C.     blancing

D.    braising

E.     simmering

40.  memasak bahan makanan dengan uap air panas, merupakan memasak dengn cara...

a.       perebusan

b.      blancing

c.       braising

d.      mengukus

e.       setup

Uraian

1.      sebutkan 5 manfaat kewirausahaan.

2.      Jelaskan proses pembuatan kerajian dari bahan gypsum/ casting.

3.      Sebutkan 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran produk supaya diterima oleh konsumen

4.      jelaskan alasanmu mengapa peluang untuk berwirausaha harus segera diambil?

5.      Untuk membuat 100 porsi Dawet Ireng membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut    

§   1200 ml air

§   100 g garam dapur 

§   1kg tepung sagu

§   1kg tepung beras

 

§   3 kg gula merah

§   5 butir kelapa

§   5 bungkus es batu

§   ¼ kg tape ketan hitam

 

Jika diketahu rincian harga barang :

Nama Barang

Harga

Jumlah

Harga Kelapa/butir

Rp. 5.000,00

1 butir

Harga gula merah

Rp. 20.000,00

1 kg

Harga tepung beras

Rp. 16.500,00

1 kg

harga tepung sagu

Rp. 10.000,00

1 kg

harga tape ketan hitam

Rp. 30. 000,00

1 kg

Harga garam dapur

Rp. 1000,00

1kg

Es Batu

Rp. 500

1 bungkus

Dengan upah tenaga kerja 20.000 dan biaya pemasaran 20.000

Dari pernyataan diatas tentukanlah:

a.         Break Even Point  harga

b.         Harga jual dawet ireng perporsi

c.          Break Even Point unit

 

JAWABAN

1. Thomas W Zimmerer et al. (2005) merumuskan manfaat kewirausahaan adalah sebagai berikut:

1.      Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pebisnis untuk mencapai tujuan hidupnya. Pebisnis akan mencoba memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnisnya guna untuk untuk mewujudkan cita-citanya.

2.      Memberi peluang melakukan perubahan

Semakin banyak bisnis yang memulai usahanya karena mereka dapat menagkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Mungkin berupa penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas, pebisnis kini menemukan cara untuk mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah ekonomi dengan sosial dengan harapan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

3.      Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya

Banyak orang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosanka, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki oleh wirausahawan merupakan alat untuk menyatakan aktualisasidiri. Keberhasilan mereka adalah suatu hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi, dan visi mereka sendiri. Memiliki usaha atau perusahaan sendiri memberikan kekuasaan kepada mereka, kebangkitan spiritual dan mampu mengikuti minat atau hobinya sendiri.

4.      Memiliki peluang untruk meraih keuntungan

Walaupun pada tahap awal uang bukan daya tarik utama bagi wirausahawan, keuntungan berwirausahawan merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri, kebanyakan pebisnis tidak ingin menjadi kaya raya, tetapi kebanyakan diantara mereka yang menang menjadi berkecukupan. Hampir 75% yang termasuk dalam daftar orang terkaya (Majalah Forbes) merupakan wirausahawan generasi pertama. Menurut hasil penelitian, Thomas stanley dan William Danko, pemilik perusahaan sendiri mencapai 2/3dari jutawan Amerika serika. “Orang-orang yang bekerja memiliki perusahaan sendiri empat kali lebih besar untuk menjadi jutawan daripada orang-orang yang bekerja untuk orang lain (karyawan perusahaan lain).

5.      Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanya

Pengusaha atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling merhormati adalah ciri pengusaha kecil.Pemilik menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah dilayani dengan setia selam bertahun-tahun. Peran penting yang dimainkan dalam sistem bisnis dilingkungan setempat serta kesadaran bahwa kerja memilki dampak nyata dalam melancarkan fungsi sosial dan ekonomi nasional adalah merupakan imbalan bagi manajer perusaan kecil.

6.      Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan

Hal yang didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja. Kebanyakan kewierausahawan yang berhasil memilih masuk dalam bisnis tertententu, sebab mereka tertarik dan mrenyukai pekerjaan tersebut. Mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya. Wirausahawan harus mengikutu nasihat Harvey McKey. Menurut McKey: “Carilah dan dirikan usaha yang anda sukai dan anda tidak akan penrnah terpaksa harus bekerja sehari pun dalam hidup anda”  Hal ini yang menjadi penghargaan terbesar bagi pebisnis/wirausahawan bukan tujuannya, melainkan lebih kepada proses atau perjalanannya.

Anoraga, Panji. 2007. Pengantar Bisnis Pengelola Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta

 

2. Cara Pembuatan kerajian dari bahan gypsum/ casting.

1)        Membuat adonan gypsum cair

Masukan air, casting, resin, catalis dan met dengan perbandingan 1:1 antara air dan bahan-bahan tersebut.

2)        Aduk bahan-bahan tersebut hingga rata dan menyatu

3)        Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit

4)        Siapkan cetakan yang akan digunakan

5)        Lumasi cetakan dengan solar dan lem khusus (catalis)

6)        Tuangkan cairan gypsum yang tadi telah diaduk dan didiamkan

7)        Ratakan adonan tersebut hingga terlihat benar-benar rata dan rapi agar hasil tidak cacat/ berongga

8)        Berikan roving di atas cairan gypsum yang tadi telah diratakan

9)        Tuangkan kembali cairan gypsum dan ratakan (proses ini dilakukan boleh lebih dari 3x agar hasilnya lebih bagus)

10)    Ratakan gypsum dengan karet khusus agar cetakan padat dan lebih rapi

11)    Tunggu gypsum mengeras kurang lebih 15 menit

12)    Setelah dirasa cukup keras, pisahkan gypsum dari cetakan secara perlahan.

Proses ini terbilang paling sulit, karena membutuhkan kehati-hatian agar gypsum tidak patah/ retak saat dipisahkan dari cetakannya.

 

3 . Langkah Proses Pemasaran

1) Tentukan target market
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memasarkan adalah menetapkan 
target market. Siapa yang menjadi sasaran produk atau jasa anda. Ketahui apa saja kebutuhan dan keinginan target pasar anda.

Boleh saja misalnya anda mengarahkan pada beberapa kelompok target market. Namun perlu diingat, setiap marketing yang sukses harus fokus pada target yang dituju. Fokus pilih sebuah target market pada satu waktu.

Dari sekelompok target market tersebut, temukan juga orang-orang yang punya hasrat lebih pada produk anda. Sebab pada merekalah anda bisa menjual lebih sering dan lebih banyak.

2) Berikan penawaran
Langkah kedua pada proses pemasaran adalah penawaran. Pada target market tersebut, sampaikan penawaran anda. Bukan sekedar penawaran biasa, tapi penawaran yang menarik. Dan yang perlu diingat juga yang anda jual sebetulnya adalah nilai manfaatnya.

Misalnya anda anda berjualan jam tangan. Keliru BESAR kalau anda katakan anda berjualan jam tangan. Sebab yang orang beli bukan jam tangan. Orang membeli ketepatan waktu, kenyamanan saat dipakai, keren, trendy dan fashionable.

Mengerti kan? 🙂

Agar penawaran anda selalu berhasil, buat penawaran yang tak bisa ditolak. Mainkan bahasa marketing anda secara maksimal. Arahkan pada target market anda. Sebab itulah mengenali target market anda dengan baik amat penting.

3) Media yang dipakai
Langkah ketiga dalam proses pemasaran adalah penting memperhatikan media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan anda. Kebanyakan orang yang kurang mengerti 
marketing biasanya akan langsung “melompat” ke bagian ketiga ini. Apa akibatnya?

Akibatnya pemasaran yang mereka lakukan menjadi kurang efektif karena tak tahu siapa yang disasar dan bagaimana memberikan penawaran yang hebat. Karena itu lakukan terlebih dulu dua hal dalam proses pemasaran sebelumnya.
Lalu media apa sebaiknya dipakai? Cari media yang paling efektif untuk menjangkau mereka. Kalau target market anda adalah orang-orang di sekitar rumah anda yang mungkin masih jarang menggunakan internet, tentunya media yang lebih efektif adalah dengan bertatap muka langsung atau dengan selebaran.

Tapi kalau target market anda sudah lebih luas lagi, anda bisa pilih media lainnya, bisa media cetak, radio, televisi, atau internet. Intinya, cari media yang paling mudah untuk menjangkau mereka agar pesan yang ingin anda sampaikan dapat diterima target market.

4.peluang harus diambil karena

 ide-ide yang berasal dari wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan riil di pasar. Ide-ide itu menciptakan nilai potensial di pasar sekaligus menjadi peluang usaha. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial (peluang usaha), wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara :

Mengurangi kemungkinan resiko melalui strategi yang proaktif

Menyebarkan resiko pada aspek yang paling mungkin

Mengelola resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat

Sumber Peluang Potensial

Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus-menerus. Proses penjaringan ide atau disebut screening merupakan suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk dan jasa riil. Adapun langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan sebagai berikut ;

Menciptakan produk baru dan berbeda

Mengamati pintu peluang

Analisis produk dan proses produksi secara mendalam

Menaksir biaya awal

Memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar