SOAL USBN PKWU (PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN)
1.
Ciri-ciri wirausaha adalah, kecuali….
A.
percaya diri
B.
mampu menangkap peluang
C.
bekerja keras dan tekun
D.
mempunyai perencanaan yang matang
E.
mengharap bantuan dari investor
2.
Sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan
yang membedakan dengan orang lain adalah …
A. Kreatifitas
B. Karakteristik
C. Kharismatik
D. Bakat
E. Percaya diri
3. Kebiasaan yang harus
dihindari oleh seorang wirausahawan adalah ……
A. Percaya diri
B. Produktif
C. Inovatif
D. Bermalas-malasan
E. Disiplin waktu
4. Yang termasuk bidang usaha agraris
adalah …..
A. penetasan ikan, pertanian, dan
perkebunan
B. pemeliharaan ikan, perkebunan dan
kehutanan
C. pertanian , kerajinan dan pengolahan
makanan
D. kehutanan,
perkebuanan, pertanian
E. pengolahan makanan ikan, pemeliharaan
ikan, pengankutan ikan
5. Dalam
menentukan produk/ barang yang akan dihasilkan, salah satu pertimbangan bagi
seorang wira-usahawan adalah …
A. Permintaan pasar yang sedang sepi
B. Kebutuhan konsumen
C. Kebutuhan produsen
D. Kondisi perusahaan lain
E. Permintaan produsen
6. Suatu usaha dari produsen atau pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang
atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran
produk barang atau jasa yang dipasarkannya disebut dengan …..
A. Distribusi D.
Konsumsi
B. Promosi E. Distributor
C. Produksi
7. Salah
satu ciri kerajinan berbahan lunak adalah....
A. mudah
didapat
B. bentuknya
bagus
C. mudah dibentuk
D. harganya
murah
E. sulit
dibuat
8. Contoh
kerajinan dari bahan lunak alami adalah...
A.
tanah liat, serat alam dan kulit
B.
guci, tas, kardus
C.
gerabah, vas bunga, guci
D.
tas, dompet, topi
E.
Bubur kertas, gyps, fiberglass
9.
|
Alat pemutar yang digunakan untuk membuat
keramik disebut dengan … A. subang
pelarik B. canting
C. casting D. plakat
E.
cukil |
10. Teknik
yang sering digunakan untuk pembuatan kerajinan dari bahan alam, yaitu…..
A.
mencetak
B.
pahat
C.
anyam
D.
cor
E.
pijit
11.
|
Media promosi disamping disebut dengan….. A. Spanduk B. Baliho C. Umbul-umbul D. Billboard
E. Brosur
|
12. Cara
yang dapat dilakukan dalam menerapkan analisis SWOT di bawah ini, kecuali…..
A.
Melihat kekuatan yang dimiliki
B.
Melihat keuntungan/ laba yang
diharapkan
C.
Melihat kelemahan yang dimiliki
D.
Melihat peluang yang dimanfaatkan
E.
Melihat ancaman yang bisa timbul
13. Dalam
analisis SWOT, O adalah Oportunity
yang artinya, adalah….
A. Kekuatan
B. Peluang
C. Kelemahan
D. Ancaman
E. Persaingan
14. Arti
penting analisis break even point (BEP) unit bagi manajer perusahaan dalam
pengambilan keputusan adalah….
A. Untuk
menentukan jumlah barang yang harus diproduksi
B. Untuk
menentukan harga jual maksimal
C. Untuk menentukan harga jual minimal
D. Untuk
menentukan jumlah barang maksimal yang harus terjual
E.
Untuk menetukan jumlah minimal barang yang
harus terjual
15. Setiap
orang pemakai barang/ atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi
kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan
tidak untuk diperdagangkan, disebut dengan….
A.
Produsen
B. Konsumen
C.
Distributor
D.
Supplier
E.
Investor
16. Penilaian
pelanggaan terhadap produk atau pelayanan yang telah memberikan tingkat
kenikmatan seperti yang diharapkan termasuk pengertian dari...
A. Kepuasan pelanggan
B. Kebutuhan
pelanggan
C. Prinsip
kepuasan pelanggan
D. Faktor
kepuasan pelanggan
E. Ketidakpuasan
pelanggan
17. Teknik
untuk mengetahui kepuasan pelanggan dengan cara membuat forum diskusi, yang
dipandu oleh nara sumber profesional dari sebuah perusahaan, disebut dengan….
A.
Focus Groups
B.
Random Interview
C.
Customer Satisfaction
D.
Face to face
E.
Door to door
18. Untuk
mewujudkan terciptanya kepuasan pelanggan dapat dilakukan tindakan sebagai
berikut kecuali...
A.
Sikap ramah terhadap pelanggan
B.
Memberikan salam dan ucapan terimakasih kepada
pelanggan
C.
Murah senyum dan mudah bergaul dengan
pelanggan
D.
Berpenampilan serasi dan selalu menghargai
pelanggan
E.
Tidak bersikap ramah terhadap pelanggan
19. Berikut
yang merupakah salah satu contoh bahan kemasan produk yang ramah lingkungan
adalah …..
A.
Styrofoam
B.
Plastik
C.
Karton
D.
Kaca
E.
Serat bambu
20. Istilah
lain dari kemasan adalah…..
A. Sack D.
Dos
B. Packaging E.
Pocked
C. Cupingflap
21. Gambar
dibawah ini disebut dengan....
|
A. Kode
batang B. Kode
Perusahaan C. Kode
Dagang D. Kode
Industri E.
Kode Exp |
22. Karya seni/kerajinan yang
dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utamanya di sebut….
A. Kerajninan Kayu
B. Kerajinan Tangan
C. Kerajinan Tekstil
D. Kerajinan Plastisin
E. Kerajinan Logam
23. Dibawah ini adalah benda
yang termasuk kerajinan tekstil, kecuali…….
A. Patung
B. Tirai
C. Taplak meja makan
D. Bed cover
E. Tutup tudung saji
24.
|
Biji kusumba digunakan untuk pewarna alam, yang menghasilkan
warna..... A. Hijau B. Kuning C. Merah D. Hitam E. Hijau tua |
25.
|
Yang termasuk karya batik
dengan teknik jumputan adalah .....
|
|
|
||||
|
|
|
26. Dibawah ini merupakan
kegiatan didalam pembenihan ikan, kecuali
A. Pemijahan induk D.
Penetasan telur
B. Pemilihan induk E.
Penyortiran
C. Persiapan sarana dan
prasarana
27. Suatu kegiatan pemeliharaan
benih ikan setelah periode larva sampai dihasilkan ukuran benih tertentu yang
siap untuk didedarkan, merupakan pengertian dari
A. Benih ikan C.
Perikanan E.
Pembudidayaan
B. Pendederan D.
Pembenihan
28. Berikut ini adalah faktor
prospek budidaya ikan konsumsi yang menjanjikan, kecuali....
A. Jumlah penduduk indonesia yang banyak
B. Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan meningkat
C. Terbatas hasil
tangkapan nelayan
D. Rasa ikan yang lezat
E. Meningkatnya daya beli mayarakat
29. Keuntungan penjualan dengan sistem
konsinyasi bagi pemilik produk, adalah.....
A.
Mendapat
komisi dari hasil penjualan
B.
Pemasaran
produk bisa lebih luas
C. Tidak
menanggung biaya pengiriman barang
D.
Tidak
menanggung biaya promosi
E.
Mendapat
garansi bila barang rusak
30. seorang penjual dikatakan terampil dan
professional dalam menjual jika memiliki kemampuan menjual yang memuaskan
A. diri sendiri
B. orang lain
C. keluarga
D. pelanggan/
pembeli
E. pemasok
31. berikut ini adalah beberapa hal yang
harus diperhatikan sebelum melangkah pada menjual produk barang atau jasa dari
perusahaan, KECUALI
A. mengenalkan produk atau jasa yang
ditawarkan
B. mengetahui perkembangan permintaan
C. mengetahui perkembangan penawaran
D. menyediakan
persediaan barang daganagn untuk disimpan dalam gudang
E. membuat program pemasaran
32. produk kerajinan yang dibuat akan
menyesuaikan dengan tempat akan diletakannya produk tersebut, penempatannya
dapat berupa
A. resmi dan tidak resmi
B. interior
dan eksterior
C. negeri dan swasta
D. tinggi dan rendahnya ukuran
E. dalam negeri dan luar negeri
33. selera pasar yang beragam juga akan
membuka peluang produk kerajinan untuk memasuki pasar dengan limited edition
yang berupa
A. keunikannya
B. penetapan harganya
C. sumber dayanya
D. jenis materialnya
E. fungsinya
34. biyaya untuk membersihkan bahan baku,
biyaya untuk mengangkut limbah ke tempat produksi, merupakan salah satu unsur biyaya
produksi yang berupa
A. biyaya bahan baku
B. biyaya tenaga kerja
C. biyaya overhead
D. biyaya transportasi
E. biyaya promosi
35. selain berfungsi melindungi produk dari
benturan dan cuaca juga memberikan kemudahan dalam membawa, adalah
A. fungsi tempat
B. fungsi guna
C. fungsi pengangkutan
D. fungsi
kemasan
E. fungsi perlindungan
36. membuat simpul pada bahan serat alamai
agar menjadi motif jumputan sebelum direbus dengan pewarna kain. Tahapan proses
produksi yang berupa
A. pembahanan
B. perakitan
C. pembentukan
D. finishing
E. pencelupan
37. melakukan pengukuran, pemotongan,
memahat, menganyam, merangkai adalah tahapan proses produksi yang berupa
A. perakitan
B. pembentukan
C. finishing
D. pencelupan
E. starting
38. melakukan pewarnaan dengan cat,
menghaluskan permukaan dengan amplas adalah tahapan produksi yang berupa
A. perakitan
B. pembentukan
C. finishing
D. pencelupan
E. starting
39. di bawah ini termasuk teknik memasak
kering adalah
A. perebusan
B. memanggang
C. blancing
D. braising
E. simmering
40.
memasak
bahan makanan dengan uap air panas, merupakan memasak dengn cara...
a. perebusan
b. blancing
c. braising
d.
mengukus
e. setup
Uraian
1. sebutkan 5 manfaat kewirausahaan.
2. Jelaskan
proses pembuatan kerajian dari bahan gypsum/ casting.
3. Sebutkan 3 hal yang perlu diperhatikan
dalam pemasaran produk supaya diterima oleh konsumen
4. jelaskan alasanmu mengapa peluang untuk berwirausaha
harus segera diambil?
5. Untuk membuat 100 porsi Dawet Ireng
membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut
§ 1200
ml air § 100
g garam dapur § 1kg
tepung sagu § 1kg
tepung beras
|
§ 3
kg gula merah § 5
butir kelapa § 5
bungkus es batu § ¼
kg tape ketan hitam
|
Jika
diketahu rincian harga barang :
Nama
Barang |
Harga |
Jumlah |
Harga
Kelapa/butir |
Rp.
5.000,00 |
1
butir |
Harga
gula merah |
Rp.
20.000,00 |
1
kg |
Harga
tepung beras |
Rp.
16.500,00 |
1
kg |
harga
tepung sagu |
Rp.
10.000,00 |
1
kg |
harga
tape ketan hitam |
Rp.
30. 000,00 |
1
kg |
Harga
garam dapur |
Rp.
1000,00 |
1kg
|
Es
Batu |
Rp.
500 |
1
bungkus |
Dengan
upah tenaga kerja 20.000 dan biaya pemasaran 20.000
Dari
pernyataan diatas tentukanlah:
a.
Break Even Point harga
b.
Harga
jual dawet ireng perporsi
c.
Break Even Point
unit
JAWABAN
1. Thomas W Zimmerer et al. (2005) merumuskan manfaat kewirausahaan
adalah sebagai berikut:
1. Memberi peluang dan kebebasan untuk
mengendalikan nasib sendiri memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan
dan peluang bagi pebisnis untuk mencapai tujuan hidupnya. Pebisnis akan mencoba
memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnisnya
guna untuk untuk mewujudkan cita-citanya.
2. Memberi peluang melakukan perubahan
Semakin banyak
bisnis yang memulai usahanya karena mereka dapat menagkap peluang untuk
melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Mungkin berupa
penyediaan perumahan sederhana yang sehat dan layak pakai, dan mendirikan daur
ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas, pebisnis kini
menemukan cara untuk mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai
masalah ekonomi dengan sosial dengan harapan untuk menjalani hidup yang lebih
baik.
3. Memberi peluang untuk mencapai potensi
diri sepenuhnya
Banyak orang
menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan seringkali membosanka, kurang
menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi seorang
wirausahawan, bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja atau
menyalurkan hobi atau bermain, keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang dimiliki
oleh wirausahawan merupakan alat untuk menyatakan aktualisasidiri. Keberhasilan
mereka adalah suatu hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, inovasi,
dan visi mereka sendiri. Memiliki usaha atau perusahaan sendiri memberikan
kekuasaan kepada mereka, kebangkitan spiritual dan mampu mengikuti minat atau
hobinya sendiri.
4. Memiliki peluang untruk meraih keuntungan
Walaupun pada
tahap awal uang bukan daya tarik utama bagi wirausahawan, keuntungan berwirausahawan
merupakan faktor motivasi yang penting untuk mendirikan usaha sendiri,
kebanyakan pebisnis tidak ingin menjadi kaya raya, tetapi kebanyakan diantara
mereka yang menang menjadi berkecukupan. Hampir 75% yang termasuk dalam daftar
orang terkaya (Majalah Forbes) merupakan wirausahawan generasi pertama. Menurut
hasil penelitian, Thomas stanley dan William Danko, pemilik perusahaan sendiri
mencapai 2/3dari jutawan Amerika serika. “Orang-orang yang bekerja memiliki
perusahaan sendiri empat kali lebih besar untuk menjadi jutawan daripada
orang-orang yang bekerja untuk orang lain (karyawan perusahaan lain).
5. Memiliki peluang untuk berperan aktif
dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanya
Pengusaha atau
pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati
dan dipercaya. Kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling merhormati
adalah ciri pengusaha kecil.Pemilik menyukai kepercayaan dan pengakuan yang
diterima dari pelanggan yang telah dilayani dengan setia selam bertahun-tahun.
Peran penting yang dimainkan dalam sistem bisnis dilingkungan setempat serta
kesadaran bahwa kerja memilki dampak nyata dalam melancarkan fungsi sosial dan
ekonomi nasional adalah merupakan imbalan bagi manajer perusaan kecil.
6. Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu
yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan
Hal yang
didasarkan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil adalah bahwa
kegiatan usaha mereka sesungguhnya bukan kerja. Kebanyakan kewierausahawan yang
berhasil memilih masuk dalam bisnis tertententu, sebab mereka tertarik dan
mrenyukai pekerjaan tersebut. Mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka
menjadi pekerjaan mereka dan mereka senang bahwa mereka melakukannya.
Wirausahawan harus mengikutu nasihat Harvey McKey. Menurut McKey: “Carilah dan
dirikan usaha yang anda sukai dan anda tidak akan penrnah terpaksa harus
bekerja sehari pun dalam hidup anda” Hal
ini yang menjadi penghargaan terbesar bagi pebisnis/wirausahawan bukan
tujuannya, melainkan lebih kepada proses atau perjalanannya.
Anoraga, Panji. 2007. Pengantar Bisnis Pengelola Bisnis Dalam Era
Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta
2. Cara
Pembuatan kerajian dari bahan gypsum/
casting.
1) Membuat
adonan gypsum cair
Masukan air, casting, resin, catalis dan met dengan
perbandingan 1:1 antara air dan bahan-bahan tersebut.
2) Aduk
bahan-bahan tersebut hingga rata dan menyatu
3) Diamkan
adonan selama kurang lebih 15 menit
4) Siapkan
cetakan yang akan digunakan
5) Lumasi
cetakan dengan solar dan lem khusus (catalis)
6) Tuangkan
cairan gypsum yang tadi telah diaduk dan didiamkan
7) Ratakan
adonan tersebut hingga terlihat benar-benar rata dan rapi agar hasil tidak
cacat/ berongga
8) Berikan
roving di atas cairan gypsum yang tadi telah diratakan
9) Tuangkan
kembali cairan gypsum dan ratakan (proses ini dilakukan boleh lebih dari 3x
agar hasilnya lebih bagus)
10) Ratakan
gypsum dengan karet khusus agar cetakan padat dan lebih rapi
11) Tunggu
gypsum mengeras kurang lebih 15 menit
12) Setelah
dirasa cukup keras, pisahkan gypsum dari cetakan secara perlahan.
Proses ini terbilang paling sulit, karena membutuhkan
kehati-hatian agar gypsum tidak patah/ retak saat dipisahkan dari cetakannya.
3 . Langkah Proses Pemasaran
1) Tentukan target market
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memasarkan adalah menetapkan target market. Siapa yang menjadi sasaran
produk atau jasa anda. Ketahui apa saja kebutuhan dan keinginan target pasar
anda.
Boleh saja misalnya anda mengarahkan pada beberapa kelompok
target market. Namun perlu diingat, setiap marketing yang sukses harus fokus pada target yang dituju. Fokus pilih sebuah target market pada satu waktu.
Dari sekelompok target market
tersebut, temukan juga orang-orang yang punya hasrat lebih pada produk anda.
Sebab pada merekalah anda bisa menjual lebih sering dan lebih banyak.
2) Berikan penawaran
Langkah kedua pada proses pemasaran adalah penawaran. Pada target market
tersebut, sampaikan penawaran anda. Bukan sekedar penawaran biasa, tapi
penawaran yang menarik. Dan yang perlu diingat juga yang anda jual sebetulnya
adalah nilai manfaatnya.
Misalnya anda anda berjualan jam
tangan. Keliru BESAR kalau anda katakan anda berjualan jam tangan. Sebab yang
orang beli bukan jam tangan. Orang membeli ketepatan waktu, kenyamanan saat
dipakai, keren, trendy dan fashionable.
Mengerti kan?
Agar penawaran anda selalu
berhasil, buat penawaran yang tak bisa ditolak. Mainkan bahasa marketing anda
secara maksimal. Arahkan pada target market anda. Sebab itulah mengenali target
market anda dengan baik amat penting.
3) Media yang dipakai
Langkah ketiga dalam proses pemasaran adalah penting memperhatikan media yang
akan digunakan untuk menyampaikan pesan anda. Kebanyakan orang yang kurang
mengerti marketing biasanya akan langsung “melompat” ke bagian ketiga ini.
Apa akibatnya?
Akibatnya pemasaran yang mereka
lakukan menjadi kurang efektif karena tak tahu siapa yang disasar dan bagaimana
memberikan penawaran yang hebat. Karena itu lakukan terlebih dulu dua hal dalam
proses pemasaran sebelumnya.
Lalu media apa sebaiknya dipakai? Cari media yang paling efektif untuk
menjangkau mereka. Kalau target market anda adalah orang-orang di sekitar rumah
anda yang mungkin masih jarang menggunakan internet, tentunya media yang lebih
efektif adalah dengan bertatap muka langsung atau dengan selebaran.
Tapi kalau target market anda
sudah lebih luas lagi, anda bisa pilih media lainnya, bisa media cetak, radio,
televisi, atau internet. Intinya, cari media yang paling mudah untuk menjangkau
mereka agar pesan yang ingin anda sampaikan dapat diterima target market.
4.peluang harus diambil karena
ide-ide yang berasal dari
wirausaha dapat menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan riil di pasar.
Ide-ide itu menciptakan nilai potensial di pasar sekaligus menjadi peluang
usaha. Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial (peluang
usaha), wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang
mungkin terjadi dengan cara :
Mengurangi kemungkinan resiko melalui strategi yang proaktif
Menyebarkan resiko pada aspek yang paling mungkin
Mengelola resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat
Sumber Peluang Potensial
Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausaha
harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus-menerus. Proses
penjaringan ide atau disebut screening merupakan suatu cara terbaik untuk
menuangkan ide potensial menjadi produk dan jasa riil. Adapun langkah dalam
penjaringan ide dapat dilakukan sebagai berikut ;
Menciptakan produk baru dan berbeda
Mengamati pintu peluang
Analisis produk dan proses produksi secara mendalam
Menaksir biaya awal
Memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar