SOAL UKK BIOLOGI KELAS X IPS
1. Salah satu jenis tumbuhan adalah lumut/ Bryophyta. Berikut yang
merupakan cirri dari memiliki ciri Bryophyta yaitu …
a. tidak mempunyai pembuluh
b. tidak mempunyai alat kelamin
c. tidak mempunyai akar, batang, dan daun
yang jelas
d. mengalami pertumbuhan membesar
e. tidak berfotosintesis
2. Alat kelamin betina pada tumbuhan lumut dan paku disebut ....
a. anteredium
b. mikrofil
c. arkegonium
d. protalium
e. basofil
3. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan ciri-ciri khas
yang terdapat pada semua struktur di bawah ini, kecuali....
a. susunan akarnya
b. susunan anatomi pembuluh batangnya
c. morfologi bunganya
d. sifat haploid sel kelaminnya
e. tipe biji
4. Pembuluh angkut tidak
ditemukan pada ....
a. Pteridophyta (paku-pakuan)
b. Bryophyta (lumut)
c. Monokotil
d. Dikotil
e. Gymnospermae (berbiji terbuka)
5. Tumbuhan manakah yang memiliki keping biji berjumlah dua....
a. pisang
b. padi
c. jagung
d. singkong
e. kacang tanah
6. Pada Bryophyta, struktur mirip akar yang berfungsi membawa air dan
nutrisi ke jaringan adalah ....
a. rhizoma
b. anteridia
c. arkegonia
d. protonema
e. rizoid
7. Berikut yang bukan
merupakan ciri-ciri umum dari tumbuhan dikotil adalah ....
a. berkeping dua
b. tulang daun menjari atau menyirip
c. memiliki akar serabut
d. memiliki kambium
e. memiliki bunga dengan kelipatan 4 atau 5
8. Bagian bunga yang berperan untuk melindungi bunga ketika masih
dalam keadaan kuncup adalah….
a. kelopak bunga d.
dasar buah
b. mahkota bunga e. ovulum
c. dasar bunga
9. Berikut adalah contoh spesies dari kingdom Plantae yang biasa
dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama, yaitu ....
a. Cocos nucifera
(kelapa)
b. Ficus benjamina
(beringin)
c. Salacca sp. (salak)
d. Psidium guajava
(jambu)
e. Oryza sativa (padi)
10. Berikut adalah kelompok invertebrata, kecuali ....
a. Porifera d. Annelida
b. Cnidaria e. Mollusca
c. Reptilia
11. Vertebrata yang tidak
termasuk kelas Mammalia adalah ....
a. paus d.
kuda nil
b. Ikan pari e. lumba-lumba
c. kuda laut
12. Ular dan buaya keduanya termasuk kelas Reptilia (hewan melata),
tetapi ular berbeda dari buaya karena ular ....
a. lidahnya pipih dan tidak dapat dijulurkan
b. berkulit tebal
c. memiliki sisik-sisik dari bahan tulang
d. lidahnya tidak bercabang
e. tidak memiliki tulang dada
13. Berikut adalah gambar penderita penyakit kaki gajah
Cacing yang menyebabkan penyakit kaki gajah pada manusia akibat
penyumbatan pembuluh getah bening adalah ....
a. Ascaris lumbricoides
b. Taenia saginata
c. Wuchereria bancrofti
d. Ancylostoma duodenale
e. Taenia solium
14. Berikut adalah contoh hewan yang termasuk kelas Cephalopoda (Kaki
di kepala) adalah ....
a. bulu babi
b. bintang laut
c. siput
d. cumi-cumi
e. teripang
15. Berikut ini adalah tahap dalam metamorfosis serangga.
1. Larva
2. Kepopong/pupa
3. Telur
4. Imago/dewasa
Urutan terjadinya metamorfosis sempurna pada kupu-kupu adalah ....
a. 1 – 2 – 3 – 4
b. 4 – 3 – 2 – 1
c. 2 – 3 – 4 – 1
d. 3 – 1 – 2 – 4
e. 1 – 3 – 2 – 4
16. Hewan memiliki ciri sebagai berikut.
1. Memiliki kulit yang berlendir dan lembap
2. Hidup di dua alam (air dan daratan)
3. Mengalami perubahan yang jelas dari muda dengan dewasanya
Hewan yang memiliki ciri tersebut adalah ....
a. Amphibia
b. Pisces
c. Protozoa
d. Aves
e. Reptilia
17. Ikan bermanfaat bagi manusia. Manfaatnya terutama sebagai ....
a. sumber makanan yang banyak mengandung karbohidrat
b. sumber makanan yang banyak mengandung protein
c. sumber makanan yang banyak mengandung lemak
d. sumber makanan yang banyak mengandung vitamin
e. sumber makanan yang banyak mengandung mineral
18. Di suatu padang rumput, terdapat sekumpulan sapi, rumput, pohon
jambu, semut, dan seorang penggembala. Sekumpulan sapi di padang rumput
tersebut merupakan ….
a. spesies
b. populasi
c. komunitas
d. ekosistem
e. biosfer
19. Ekosistem dikatakan seimbang dan dinamis jika ….
a. tidak terjadi persaingan
antarindividu di dalamnya
b. jumlah produsen tidak melimpah
c. jumlah konsumen melimpah
d. jumlah pengurai seimbang dengan
produsen
e. jumlah semua komponen ekosistem sesuai
dengan fungsinya masing-masing
20. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Proses
perubahan bentuk energi dari satu bentuk ke bentuk lain disebut .…
a. daur materi
b. daur air
c. aliran energi
d. daur biogeokimia
e. efektivitas
21. Di dalam satu populasi terdapat banyak ....
a. genetik
b. ekosistem
c. habitat
d. spesies
e. individu
22.
Perhatikan piramida
ekologi berikut.
Jika populasi tingkat II punah, akan
mengakibatkan populasi tingkat ....
a. III meningkat, I turun, IV meningkat
b. III turun, I turun, IV turun
c. III turun, I meningkat, IV turun
d. III turun, I meningkat, IV meningkat
e. III meningkat, I meningkat, IV turun
23. Berikut ini yang bukan
merupakan komponen abiotik adalah ….
a. air
b. suhu
c. cahaya
d. rumput
e. tanah
24. Di dalam ekosistem terdapat
1. Populasi
2. Individu
3. Ekosistem
4. Komunitas
Urutan satuan organisasi dalam suatu
ekosistem dari
yang sederhana sampai yang kompleks
adalah ….
a. 4 – 1 – 3 – 2
b. 2 – 1 – 4 – 3
c. 1 – 2 – 3 – 4
d. 3 – 1 – 4 – 2
e. 4 – 2 – 3 – 1
25. Tumbuhan Mampu membuat makan sendiri sehingga
dikenal sebagai organisme ….
a. heterotrof
b. kemoautotrof
c. autotrof
d. konsumen
e. detritivor
26. Pada daur air, terjadi proses penguapan air dari danau atau sungai
dan berkumpul di udara. Proses ini disebut ….
a. transpirasi
b. evaporasi
c. transmigrasi
d. migrasi
e. kondensasi
27. Berikut yang termasuk polusi udara adalah ….
a. asap dari kebakaran hutan
b. naiknya suhu bumi
c. blooming alga
d. suara bising di pabrik-pabrik
e. konsentrasi pestisida dalam sayuran
28.
Pada efek rumah kaca,
CO2 dapat berkumpul di udara dan membentuk lapisan. Hal yang
menyebabkan CO2 dapat melayang di udara dan berkumpul di atmosfer
adalah ….
a. CO2 dapat berikatan dengan
oksigen bebas di udara
b. karena pencemaran udara yang tinggi
c. karena CO2 yang lebih ringan
dari gas lain di udara
d. tingginya radiasi ultraviolet di
atmosfer
e. CO2 mudah berikatan di
udara dengan gas lainnya
29. Pemanasan global di bumi akibat efek rumah kaca menyebabkan hal
berikut ini,….
a. turunnya suhu di bumi
b. turunnya permukaan air laut
c. naiknya suhu bumi
d. suhu bumi secara stabil
e. terbentuknya gunung es di kutub
30. Salah satu usaha yang dapat dimulai untuk mengurangi pencemaran
udara adalah ….
a. mengurangi penggunaan minyak bumi
b. tidak membuang limbah sembarangan
c. memisahkan limbah organik dan anorganik
d. mendaur ulang limbah atau barang bekas
e. mengurangi penggunanan barang yang terbuat dari plastik
31.
Dampak yang
timbul jika menggunakan gas CFC pada kulkas, hair spray, dan AC adalah ….
a. terjadi pencemaran udara di dalam ruangan
rumah
b. terjadi pencemaran udara di Iingkungan
sekitar perumahan
c. munculnya lubang ozon di stratosfer
d. efek rumah kaca
e. semua jawaban benar
32.
Pembakaran bahan
bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata berdampak pada kerusakan
lingkungan, salah satunya polutan SO2 dan NO2 berdampak pada hujan asam.
Berikut yang merupakan dampak dari hujan asam adalah
A.
menipisnya lapisan ozon
B.
pemanasan
global
C.
meningkatnya
suhu bumi
D.
kematian
pada hewan
E.
korosi pada logam
33. Usaha peningkatan hasil pertanian salah
satunya dilakukan dengan pemupukan. Penggunakan pupuk anorganik secara terus
menerus akan berdampak pada…
A.
perubahan
warna tanah
B. menurunnya kesuburan tanah
C.
tanaman
tumbuh subur
D.
organism
tanah tumbuh dengan baik
E.
hasil
pertanian meningkat
34.
Manfaat dari mendaur
ulang suatu barang bekas atau limbah adalah sebagai berikut, kecuali ….
a. mencegah pencemaran yang lebih parah dari limbah yang dihasilkan
b. menghemat penggunaan sumber daya alam
c. ikut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan hidup
d. mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan
e. tingginya polusi yang dihasilkan dari daur ulang limbah
tersebut sangat membahayakan
35.
Berikut
merupakan tindakan yang tidak mendukung pelestarian
lingkungan hidup adalah…
A.
membuat
biopori untuk menambah peresapan air
B. membuang barang rongsokan ke sungai
C.
menanam
bibit tanaman ke dalam gelas air minum bekas
D.
membuat
pupuk kompos
memilah pupuk organik dan anorganik
ESSAY
36. Pada
Tumbuhan Angiospermae dibagi menjadi tumbuhan dikotil dan monokotil. Buatlah tabel
perbedaan perbedaan secara fisik (morfologi) kedua jenis tumbuhan tersebut (Minimal 3)
37. Jelaskan manfaat Mamalia bagi kehidupan manusia.
38. Jelaskan terjadinya siklus air.
39. Sebutkan dan jelaskan 3 kegiatan yang dapat
mencegah terjadinya Global Warming
40. Jelaskan dan berilah contoh gerakan 3R
a.
Reuse
b.
Recycle
c.
Repair
JAWABAN ESSAY
36. Tabel perbedaan perbedaan secara
fisik (morfologi) kedua jenis tumbuhan dikotil dan monokotil.
NO |
Perbedaan |
Monokotil |
dikotil |
1 |
Jenis akar |
Serabut |
tunggang |
2 |
Jumlah keping biji |
Satu |
dua |
3 |
Tulang daun |
Menyirip |
menjari |
4 |
Jumlah kelipatan bunga |
3 |
5 |
37. Jelaskan manfaat
Mamalia bagi kehidupan manusia.
a.
Sumber protein
b.
Sumber lemak hewani
c.
Sumber kalsium (tulang)
38. Terjadinya siklus
air.
Air
di lautan, tumbuhan > evaporasi > kondensasi membentuk awan > dibawa
angin secara konvergen dan divergen> jatuh berupa hujan >penyerapan air
oleh daratan > kembali ke lautan
39. Beberapa
cara untuk mencegah terjadinya pemanasan global / global warming :
a)
Berhemat
energi. Seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak, listrik (jangan pakai
alat-alat elektronika kalau tidak jelas
kebutuhannya).
b)
Menggunakan
kendaraan bermotor seperlunya saja. Kalau hanya dekat, tidak perlu menggunakan motor atau mobil.
c)
Mengurangi
pembakaran. Misal, pembakaran sampah, hindari pembakaran hutan.
d)
Penghijauan
hutan
e)
Hindari
penggunaan barang secara mubazir
f)
Untuk
ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan merusak (
penggunaan bom atau semacamnya
40. Gerakan
4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan repair.
a)
Reduce (mengurangi): yaitu mengurangi penggunaan
barang barang yg dapat menghasilkan terlalu banyak energi dan sampah, apalagi
sampah yang susah diurai, seperti sampah plastik, itu sangat susah diurai
secara alamiah, butuh waktu yg lama untuk mengurainya. jadi jangan terlalu
banyak membeli barang yg banyak kemasannya. gunakan kemasan yg ramah
lingkungan, seperti selalu membawa tas belanja saat ingin belanja, jadi kan gak
usah menggunakan pelastik lagi untuk mengantongi belanjaan itu, kurangi
penggunaan shampoo sachet karena itu termasuk barang yang sekali pakai, gunakan
produk yg dapat diisi ulang seperti spidol, pulpen, dsb. lalu kurangi pemakaian
energi listrik dengan mematikan lampu saat siang hari. dengan begitu tentu kita
akan lebih hemat, dan lebih mengurangi jumlah sampah setiap harinya.
b)
Reuse (Memakai kembali): yaitu memakai kembali
barang-barang yang masih bisa dipakai. jadi jangan pakai barang yg disposable
(sekali pakai, buang), contohnya pakai kaleng kaleng kecil untuk dijadikan
tempat pensil, memakai kembali buku bekas kakak kelas jadi kita tak perlu
membeli buku lagi, hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum
menjadi sampah. tentu dengan hal ini kita akan lebih hemat, kita kan jadi bisa
nabung kalau kita bisa berhemat.
c)
Recycle (Mendaur Ulang): yaitu mendaur ulang
barang yang sudah tak terpakai (sampah organik dan anorganik) menjadi barang
baru yang bisa dipakai kembali, contohnya lakukan pengolahan sampah organik
menjadi kompos, dan olah sampah anorganik menjadi barang yg bermanfaat, seperti
tas dari kain bekas atau hiasan dinding dari kulit pisang dan masih banyak
lagi.
d)
Repair (Memperbaiki): yaitu usaha perbaikan demi
lingkungan, contohnya memperbaiki barang-barang yg rusak seperti baju yg robek
bisa dijahit kembali sehingga bisa dipakai lagi tanpa harus membeli baju yang
baru, bahkan dalam lingkungan juga ada seperti reboisasi atau penanaman hutan
kembali, hal ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar