Minggu, 04 Juli 2021

KISI- KISI DAN SOAL BIOLOGI BAB PERUBAHAN LINGKUNGAN/ IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH

 KISI- KISI DAN SOAL BIOLOGI

BAB PERUBAHAN LINGKUNGAN/ IKLIM DAN DAUR ULANG LIMBAH

KD 3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan

KD 4.11 Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar

Oleh: Rofiqotul Khasanah

IPK

Materi Pembelajaran

Indikator Soal

Teknik Penilaian

Bentuk Soal (PG/ Uraian)

Nomor Soal

3.11.1. Mengetahui Jenis-jenis pencemaran

 

Jenis-jenis pencemaran

3.11.1.1. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memilih polutan pada pencemara  udara

3.11.1.2.diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat memilih dampak pencemaran oleh CFC

Tes tertulis

PG

31,32

3.11.2. Memahami tentang macam-macam polutan

 

Polutan

3.11.2.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami penyebab global warming

3.11.2.2. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami tentang eutrofikasi

3.11.2.3. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memahami tentang biological magnification

Tes tertulis

PG

33,34,35

3.11.3. Memahami Dampak pencemaran

Dampak pencemaran

3.11.3.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami dampak dari hujan asam

3.11.3.2. diberikan studi kasus, peserta didik dapat menyimpulkan dampak dari penggunaan pupuk anorganik terhadap tanah

Tes tertulis

PG

 

 

 

 

 

 

36,37

4.11.4. Menjelaskan tentang Pencegahan dan penanggulangan pencemaran

 

 

Pencegahan dan penanggulangan pencemaran

 

4.11.4.1 Diberikan studi kasus tentang sampah di lingkungan sungai, siswa dapat memahami cara mengurangi pencemaran air dengan pengolahan sampah tingkat rumah tangga

4.11.4.2. Disajikan gambar beserta pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengolahan limbah padat

4.11.4.3. disajikan studi kasus, siswa dapat memahami tentang BOD dan COD

4.11.4.4. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan tentang cara pencegahan terhadap fenomena global warming

 

4.11.3.5. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan mengenai gerakan 4R

 

Tes tertulis

PG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uraian

 

 

 

 

Uraian

38,39,40

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

44

 

 

 

 

45

 

Tabel 2. Rumusan Soal

Indikator Soal

HOTS/ LOTS 

Rumusan Soal

Rambu-rambu Jawaban (Kunci Jawaban)

3.11.1.1. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memilih polutan pada pencemara  udara

HOTS 

Berikut ini hal yang akan terjadi apabila pohon-pohon di hutan ditebangi secara terus-menerus tanpa penanaman kembali, adalah …..
a. banjir
b. suhu menurun
c. kadar CO2 meningkat
d. kadar O2 meningkat
e. jumlah plasma nutfah tetap

c. kadar CO2 meningkat

3.11.1.2.diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat memilih dampak pencemaran oleh CFC

LOTS 

Dampak yang timbul jika menggunakan gas CFC pada kulkas, hair spray, dan AC adalah ….
a. terjadi pencemaran udara di dalam ruangan rumah
b. terjadi pencemaran udara di Iingkungan sekitar perumahan
c. munculnya lubang ozon di stratosfer
d. efek rumah kaca
e. semua jawaban benar

c. munculnya lubang ozon di stratosfer

3.11.2.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami penyebab global warming

 

LOTS 

 Banjir dalam skala besar adalah efek dari pemanasan global yang penyebab utamanya adalah…

a.       A. Naiknya permukaan tanah

b.      B. Berkurangnya curah hujan

c.       C. Kemarau berkepanjangan

d.      D. Hujan yang lebat

e.    E.   Permukaan laut yang naik

 

E.   Permukaan laut yang naik

3.11.2.2. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami tentang eutrofikasi

LOTS 

Berikut adalah gambar karena terjadinya eutrofikasi pada perairan

Hasil gambar untuk EUTROFIKASIPembusukan limbah organik di dalam perairan yang menghasilkan fosfor dan masuknya NO3 yang terbawa air hujan dari sisa pupuk pertanian dapat menimbulkan dampak langsung, yaitu ....
A. penurunan kadar O2 di perairan
B. pertumbuhan tanaman air berlebihan
C. cahaya matahari tidak dapat masuk dipermukaan air
D. peningkatan jumlah  hewan yang hidup di air
E. Pertumbuhan tanaman air terganggu.

B. pertumbuhan tanaman air berlebihan

3.11.2.3. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memahami tentang biological magnification

HOTS 

Pemberian pupuk yang berlebihan di areal persawahan dapat menimbulkan perubahan fisik perairan sungai, empang, atau danau karena....

A.    Konsentrasi O2 menurun, ikan mati, dan terjadi pendangkalan

B.     Peledakan populasi bakteri seingga pertumbuhan plankton terhambat

C.     Konsentrasi pupuk berlebih sehingga menyebabkan meningkatnya pH perairan

D.    Populasi tanaman penfiksasi Nitrogen semakin menurun

E.     Berkurangnya konsentrasi O2 dan CO2

A.    Konsentrasi O2 menurun, ikan mati, dan terjadi pendangkalan

 

3.11.3.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat memahami dampak dari hujan asam

LOTS 

Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata berdampak pada kerusakan lingkungan, salah satunya polutan SO2 dan NO2 berdampak pada hujan asam. Berikut yang merupakan dampak dari hujan asam adalah

A.    menipisnya lapisan ozon

B.     pemanasan global

C.     meningkatnya suhu bumi

D.    kematian pada hewan

E.     korosi pada logam

e. korosi pada logam

3.11.3.2. diberikan studi kasus, peserta didik dapat menyimpulkan dampak dari penggunaan pupuk anorganik terhadap tanah

HOTS 

Usaha peningkatan hasil pertanian salah satunya dilakukan dengan pemupukan. Penggunakan pupuk anorganik secara terus menerus akan berdampak pada…

A.    perubahan warna tanah

B.     menurunnya kesuburan tanah

C.     tanaman tumbuh subur

D.    organism tanah tumbuh dengan baik

E.     hasil pertanian meningkat

b.      menurunnya kesuburan tanah

 

4.11.4.1 Diberikan studi kasus tentang sampah di lingkungan sungai, siswa dapat memahami cara mengurangi pencemaran air dengan pengolahan sampah tingkat rumah tangga

HOTS 

Suatu perairan diketahui memiliki ciri-ciri berwarna hitam, berbau tidak sedap, dan permukaanya ditemukan banyak ikan mati seperti gambar di bawah ini

Hasil gambar untuk sungai dan ikan mati

Hal yang diduga menyebabkan pencemaran pada perairan adalah…

A.    pembuangan limbah industry yang mengandung logam berat

B.     pupuk kimia yang terbawa ke perairan

C.     hujan asam

D.    penangkapan menggunakan bahan peledak

E.     pembuangan sampah dedaunan ke perairan

e.       pembuangan sampah dedaunan ke perairan

4.11.4.2. Disajikan gambar beserta pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengolahan limbah padat

LOTS 

Berikut merupakan tindakan yang tidak mendukung pelestarian lingkungan hidup adalah…

A.    membuat biopori untuk menambah peresapan air

B.     membuang barang rongsokan ke sungai

C.     menanam bibit tanaman ke dalam gelas air minum bekas

D.    membuat pupuk kompos

E.     memilah pupuk organic dan anorganik

b.      membuang barang rongsokan ke sungai

 

4.11.4.3. disajikan studi kasus, siswa dapat memahami tentang BOD dan COD

HOTS 

Parameter untuk pengujian air secara kimia adalah…

A.    warna, bau, suhu

B.     pH, warna, kandungan partikel padat

C.     BOD, COD, dan DO

D.    Kandungan bahan kimia, suhu, bau

E.     Kandungan bakteri E. coli, BOD, dan COD

c.       BOD, COD, dan DO

 

4.11.4.4. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan tentang cara pencegahan terhadap fenomena global warming

LOTS 

Sebutkan dan jelaskan 3 kegiatan yang dapat mencegah terjadinya Global Warming

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya pemanasan global / global warming :

1.      Berhemat energi. Seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak, listrik (jangan pakai alat-alat  elektronika kalau tidak jelas kebutuhannya).

2.      Menggunakan kendaraan bermotor seperlunya saja. Kalau hanya dekat,  tidak perlu menggunakan motor atau mobil.

3.      Mengurangi pembakaran. Misal, pembakaran sampah, hindari pembakaran hutan.

4.      Penghijauan hutan

5.      Hindari penggunaan barang  secara mubazir

6.      Untuk ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan merusak ( penggunaan bom atau semacamnya

 

4.11.3.5. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan mengenai gerakan 4R

 

LOTS 

Jelaskan dan berilah contoh gerakan 4R

a.       Reuse

b.      Reduce

c.       Recycle

d.      Repair

4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan repair.

1.      Reduce (mengurangi): yaitu mengurangi penggunaan barang barang yg dapat menghasilkan terlalu banyak energi dan sampah, apalagi sampah yang susah diurai, seperti sampah plastik, itu sangat susah diurai secara alamiah, butuh waktu yg lama untuk mengurainya. jadi jangan terlalu banyak membeli barang yg banyak kemasannya. gunakan kemasan yg ramah lingkungan, seperti selalu membawa tas belanja saat ingin belanja, jadi kan gak usah menggunakan pelastik lagi untuk mengantongi belanjaan itu, kurangi penggunaan shampoo sachet karena itu termasuk barang yang sekali pakai, gunakan produk yg dapat diisi ulang seperti spidol, pulpen, dsb. lalu kurangi pemakaian energi listrik dengan mematikan lampu saat siang hari. dengan begitu tentu kita akan lebih hemat, dan lebih mengurangi jumlah sampah setiap harinya.

2.      Reuse (Memakai kembali): yaitu memakai kembali barang-barang yang masih bisa dipakai. jadi jangan pakai barang yg disposable (sekali pakai, buang), contohnya pakai kaleng kaleng kecil untuk dijadikan tempat pensil, memakai kembali buku bekas kakak kelas jadi kita tak perlu membeli buku lagi, hal ini dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum menjadi sampah. tentu dengan hal ini kita akan lebih hemat, kita kan jadi bisa nabung kalau kita bisa berhemat.

3.      Recycle (Mendaur Ulang): yaitu mendaur ulang barang yang sudah tak terpakai (sampah organik dan anorganik) menjadi barang baru yang bisa dipakai kembali, contohnya lakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos, dan olah sampah anorganik menjadi barang yg bermanfaat, seperti tas dari kain bekas atau hiasan dinding dari kulit pisang dan masih banyak lagi.

4.      Repair (Memperbaiki): yaitu usaha perbaikan demi lingkungan, contohnya memperbaiki barang-barang yg rusak seperti baju yg robek bisa dijahit kembali sehingga bisa dipakai lagi tanpa harus membeli baju yang baru, bahkan dalam lingkungan juga ada seperti reboisasi atau penanaman hutan kembali, hal ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar