KISI- KISI DAN SOAL BIOLOGI
BAB PERUBAHAN LINGKUNGAN/ IKLIM DAN DAUR ULANG
LIMBAH
KD
3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan,
penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan
KD 4.11
Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan yang terjadi di lingkungan
sekitar
Oleh: Rofiqotul Khasanah
IPK
|
Materi
Pembelajaran |
Indikator
Soal |
Teknik
Penilaian |
Bentuk
Soal (PG/ Uraian) |
Nomor
Soal |
3.11.1. Mengetahui Jenis-jenis pencemaran
|
Jenis-jenis
pencemaran |
3.11.1.1. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memilih polutan pada pencemara udara 3.11.1.2.diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat memilih dampak
pencemaran oleh CFC |
Tes tertulis |
PG |
31,32 |
3.11.2. Memahami tentang macam-macam
polutan
|
Polutan |
3.11.2.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami penyebab global warming 3.11.2.2. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami tentang eutrofikasi 3.11.2.3. diberikan studi kasus, peserta didik dapat
memahami tentang biological magnification |
Tes tertulis |
PG |
33,34,35 |
3.11.3. Memahami Dampak pencemaran |
Dampak pencemaran |
3.11.3.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami dampak
dari hujan asam 3.11.3.2. diberikan studi kasus, peserta didik dapat menyimpulkan dampak dari penggunaan pupuk
anorganik terhadap tanah |
Tes tertulis |
PG
|
36,37 |
4.11.4. Menjelaskan tentang
Pencegahan dan penanggulangan pencemaran
|
Pencegahan dan
penanggulangan pencemaran
|
4.11.4.1 Diberikan studi
kasus tentang sampah di lingkungan sungai, siswa dapat memahami cara
mengurangi pencemaran air dengan pengolahan sampah tingkat rumah tangga 4.11.4.2. Disajikan gambar beserta pernyataan, peserta didik dapat
menjelaskan pengolahan limbah padat 4.11.4.3.
disajikan studi kasus, siswa dapat
memahami tentang BOD dan COD 4.11.4.4. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan tentang cara
pencegahan terhadap fenomena global warming
4.11.3.5. disajikan pernyataan, siswa dapat
menguraikan mengenai gerakan 4R
|
Tes tertulis |
PG
Uraian
Uraian |
38,39,40
44
45 |
Tabel 2. Rumusan Soal
Indikator Soal |
HOTS/ LOTS |
Rumusan Soal |
Rambu-rambu Jawaban (Kunci Jawaban) |
3.11.1.1. diberikan studi kasus, peserta didik dapat memilih polutan pada pencemara udara |
HOTS
|
Berikut ini hal yang akan terjadi
apabila pohon-pohon di hutan ditebangi secara terus-menerus tanpa penanaman
kembali, adalah ….. |
c. kadar CO2 meningkat |
3.11.1.2.diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat memilih dampak
pencemaran oleh CFC |
LOTS
|
Dampak yang timbul
jika menggunakan gas CFC pada kulkas, hair spray, dan AC adalah …. |
c. munculnya lubang ozon di stratosfer |
3.11.2.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami penyebab global warming
|
LOTS
|
Banjir dalam skala besar adalah efek dari pemanasan
global yang penyebab utamanya adalah… a. A. Naiknya permukaan tanah b. B. Berkurangnya curah hujan c. C. Kemarau berkepanjangan d. D. Hujan yang lebat e. E. Permukaan laut
yang naik
|
E. Permukaan laut
yang naik |
3.11.2.2. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami tentang eutrofikasi |
LOTS
|
Berikut adalah gambar karena
terjadinya eutrofikasi pada perairan Pembusukan limbah organik di dalam perairan yang
menghasilkan fosfor dan masuknya NO3 yang terbawa air hujan dari sisa pupuk
pertanian dapat menimbulkan dampak langsung, yaitu .... |
B. pertumbuhan tanaman air berlebihan |
3.11.2.3. diberikan studi kasus, peserta didik dapat
memahami tentang biological magnification |
HOTS
|
Pemberian pupuk
yang berlebihan di areal persawahan dapat menimbulkan perubahan fisik perairan
sungai, empang, atau danau karena.... A. Konsentrasi O2 menurun, ikan mati, dan terjadi pendangkalan B. Peledakan populasi bakteri seingga pertumbuhan plankton terhambat C. Konsentrasi pupuk berlebih sehingga menyebabkan meningkatnya pH
perairan D. Populasi tanaman penfiksasi Nitrogen semakin menurun E. Berkurangnya konsentrasi O2 dan CO2 |
A. Konsentrasi
O2 menurun, ikan mati, dan terjadi pendangkalan
|
3.11.3.1. diberikan pernyataan, peserta didik dapat
memahami dampak
dari hujan asam |
LOTS
|
Pembakaran bahan bakar fosil untuk
berbagai kepentingan ternyata berdampak pada kerusakan lingkungan, salah
satunya polutan SO2 dan NO2 berdampak pada hujan asam. Berikut yang merupakan
dampak dari hujan asam adalah A. menipisnya lapisan ozon B. pemanasan global C. meningkatnya suhu bumi D. kematian pada hewan E.
korosi pada logam |
e. korosi pada logam |
3.11.3.2. diberikan studi kasus, peserta didik dapat menyimpulkan dampak dari penggunaan pupuk
anorganik terhadap tanah |
HOTS
|
Usaha peningkatan
hasil pertanian salah satunya dilakukan dengan pemupukan. Penggunakan pupuk
anorganik secara terus menerus akan berdampak pada… A. perubahan warna tanah B.
menurunnya kesuburan tanah C. tanaman tumbuh subur D. organism tanah tumbuh dengan baik E. hasil pertanian meningkat |
b. menurunnya kesuburan tanah
|
4.11.4.1 Diberikan studi
kasus tentang sampah di lingkungan sungai, siswa dapat memahami cara
mengurangi pencemaran air dengan pengolahan sampah tingkat rumah tangga |
HOTS
|
Suatu perairan
diketahui memiliki ciri-ciri berwarna hitam, berbau tidak sedap, dan permukaanya
ditemukan banyak ikan mati seperti gambar di bawah ini Hal yang diduga
menyebabkan pencemaran pada perairan adalah… A. pembuangan limbah industry yang mengandung logam berat B. pupuk kimia yang terbawa ke perairan C. hujan asam D. penangkapan menggunakan bahan peledak E.
pembuangan sampah dedaunan ke
perairan |
e. pembuangan sampah dedaunan ke perairan |
4.11.4.2. Disajikan gambar beserta pernyataan, peserta didik dapat
menjelaskan pengolahan limbah padat |
LOTS
|
Berikut merupakan
tindakan yang tidak mendukung pelestarian lingkungan hidup adalah… A. membuat biopori untuk menambah peresapan air B.
membuang barang rongsokan ke
sungai C. menanam bibit tanaman ke dalam gelas air minum bekas D. membuat pupuk kompos E. memilah pupuk organic dan anorganik |
b. membuang barang rongsokan ke sungai
|
4.11.4.3.
disajikan studi kasus, siswa dapat
memahami tentang BOD dan COD |
HOTS
|
Parameter untuk
pengujian air secara kimia adalah… A. warna, bau, suhu B. pH, warna, kandungan partikel padat C.
BOD, COD, dan DO D. Kandungan bahan kimia, suhu, bau E. Kandungan bakteri E. coli, BOD, dan COD |
c. BOD, COD, dan DO
|
4.11.4.4. disajikan pernyataan, siswa dapat menguraikan tentang cara
pencegahan terhadap fenomena global warming |
LOTS
|
Sebutkan dan
jelaskan 3 kegiatan yang dapat mencegah terjadinya Global Warming |
Beberapa cara untuk mencegah terjadinya
pemanasan global / global warming : 1. Berhemat
energi. Seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak, listrik (jangan pakai
alat-alat elektronika kalau tidak
jelas kebutuhannya). 2. Menggunakan
kendaraan bermotor seperlunya saja. Kalau hanya dekat, tidak perlu menggunakan motor atau mobil. 3. Mengurangi
pembakaran. Misal, pembakaran sampah, hindari pembakaran hutan. 4. Penghijauan
hutan 5. Hindari
penggunaan barang secara mubazir 6. Untuk
ekosistem laut, hindari perusakan karang dan pencarian ikan dengan merusak (
penggunaan bom atau semacamnya |
4.11.3.5. disajikan pernyataan, siswa dapat
menguraikan mengenai gerakan 4R
|
LOTS
|
Jelaskan dan berilah
contoh gerakan 4R a. Reuse b. Reduce c. Recycle d. Repair |
4R yaitu reduce, reuse, recycle, dan repair. 1. Reduce
(mengurangi): yaitu mengurangi penggunaan barang barang yg dapat menghasilkan
terlalu banyak energi dan sampah, apalagi sampah yang susah diurai, seperti
sampah plastik, itu sangat susah diurai secara alamiah, butuh waktu yg lama
untuk mengurainya. jadi jangan terlalu banyak membeli barang yg banyak
kemasannya. gunakan kemasan yg ramah lingkungan, seperti selalu membawa tas
belanja saat ingin belanja, jadi kan gak usah menggunakan pelastik lagi untuk
mengantongi belanjaan itu, kurangi penggunaan shampoo sachet karena itu
termasuk barang yang sekali pakai, gunakan produk yg dapat diisi ulang
seperti spidol, pulpen, dsb. lalu kurangi pemakaian energi listrik dengan
mematikan lampu saat siang hari. dengan begitu tentu kita akan lebih hemat,
dan lebih mengurangi jumlah sampah setiap harinya. 2. Reuse
(Memakai kembali): yaitu memakai kembali barang-barang yang masih bisa
dipakai. jadi jangan pakai barang yg disposable (sekali pakai, buang),
contohnya pakai kaleng kaleng kecil untuk dijadikan tempat pensil, memakai
kembali buku bekas kakak kelas jadi kita tak perlu membeli buku lagi, hal ini
dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum menjadi sampah. tentu
dengan hal ini kita akan lebih hemat, kita kan jadi bisa nabung kalau kita
bisa berhemat. 3. Recycle
(Mendaur Ulang): yaitu mendaur ulang barang yang sudah tak terpakai (sampah
organik dan anorganik) menjadi barang baru yang bisa dipakai kembali,
contohnya lakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos, dan olah sampah
anorganik menjadi barang yg bermanfaat, seperti tas dari kain bekas atau
hiasan dinding dari kulit pisang dan masih banyak lagi. 4. Repair
(Memperbaiki): yaitu usaha perbaikan demi lingkungan, contohnya memperbaiki
barang-barang yg rusak seperti baju yg robek bisa dijahit kembali sehingga
bisa dipakai lagi tanpa harus membeli baju yang baru, bahkan dalam lingkungan
juga ada seperti reboisasi atau penanaman hutan kembali, hal ini bisa
memberikan manfaat yang sangat besar. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar