Minggu, 26 Februari 2017

Waspadai PENIPUAN berkedok Lowongan Pekerjaan

Sedikit coret-coretan buat pengalaman, cerita yang baru aja aku alami. tepat hari ini 2/2/2017
Dear teman, saudara, rekan, kerabat semuanyaaa….. dan Terutama buat para Job seeker di seantero negeri tercintah ☺☺

Baca baik2, Waspadai PENIPUAN berdalih Lowongan Pekerjaan yang mengatasnamakan BUMN, Perusahaan bonafide ataupun instansi SWASTA terkenal lainnya. Loker yang berkedok ini lumayan #MENGGIURKAN memang...
Aku pun termasuk orang yang hampirr kena penipuan itu, untungnya aku masih teliti dan berterima kasih sekali kepada orang baik yang sudah mewanti-wanti, wuuh kalau kagak.... #beehh...ntah.... haha

Jadi awal mulanya, aku lagi jelajah di internet tu buat nyari loker terbaru bulan Februari 2017, karena banyaknya info loker yang berserakan, iseng aku ngumpulin itu semuanya dalam bentuk tulisan di Ms.Word yang isinya mencantum Nama instansi pembuka lowongan-jabatan yang ditawarin-dan alamat email tentunya, karena aku fikir biar gampang sewaktu2 nanti mau apply/ memasukkan lamaran, setelah dirasa cukup, aku pilah2 mana  lowongan yang cocok buat dimasukin, langsung aja aku buat application letter atau surat lamaran, berikut ijasah, transkrip nilai, ktp dan foto aku lampirin ke masing-masing perusahaan…

Nah sore aku apply, besoknya sekittar tengah malam ada email masuk, ternyata isinya surat panggilan wawancara dari instansi yang mengatasnamakan Perum Bulog, jelazzz dong seneng wong itu perusahaan BUMN kalo ndak salah whehe. Alamat emailnya: bulog indonesia@dr.com Balasan surat lamarannya aku terima dengan subjek "Undangan Test Calon Karyawan Perum Bulog Indonesia 2017", ada 5 halaman, isi surat panggilan kerja itu sungguh amat sangat meyakinkan jika kita tidak teliti … kaya gini nih isinya


Bisa dicek di laman 

Lanjut….. setelah itu paginya aku sms kang mas, kalo aku mau ke jakarta buat wawancara kerja, setelah itu dia nelfon dan aku bercerita dengan girangnya soal surat panggilan itu. Masku pertama bilang sudah coba saja sana, akupun menyelesaikan persyaratan administrasi yang masih kurang seperti pergi ke puskesmas buat surat keterangan sehat, tes napza, dan sempet ke polsek buat SKCK (tapi gak bisa diurus kaena beda domisili whehe). Setelah dirasa beres, aku konfirmasi kehadiran ke panitia-recruitment yang sebelumnya mengirim sms yang berbunyi "Undangan Test BULOG sudah kami kirim ke email anda. silahkan dibuka dan laporkan kehadiran. Terima kasih". setelah konfirm selang beberapa menit dapat balasan kembali "Laporan kehadiran anda telah kami terima. silahkan langsung hubungi pihak travel. terima kasih" setelah itu pihak travel menelfon kalau aku sudah di pesankan tiket pesawat Lion air buat berangkat ke jakarta jam 13.35 tanggal 3 februari, dan nantinya akan ada penjemputan dari bandara menuju ke hotel, dan, kemudian mereka mengatakan bahwa aku harus menalangi biaya untuk kemudian akan diganti nanti setelah sampai dilokasi dengan menyertakan bukti pembayarannya. Anehnya, tanpa basa basi aku bilang oke dan langsung minta no rekeningnya, setelah itu pihaknya mengirimkan pesan "Arya tour and travel Bank BRI a.n Tania widiastuti no. rek 3576.0100.3061.500 Total RP. 3.417.000 transaksi terlaksana silahkan hubungi kami kembali. terima kasih"

Karena nominal yang sebegituu, aku nelfon masku kembali dan menceritakannya, mulai dari situlah dia curiga, kok pake penjemputan segala dan pake akomodasi yang biayanya jauh dari rasional. "Yang pasti ke papua aja gak semahal itu, lagian ke hotel ngapain wong mau tes kerja kok kaya mau rekreasi" katanya… tapi yang ada, aku malah ndak percaya sama dia. tapi dia bersikokoh karena menurut feelingnya ini sangat aneh,  pokoknya gitu deh…

Lalu aku kembali membaca surat panggilan tes tersebut dan melihat alamat email yg tertera… Dan selanjutnya aku coba nyari web www.dr.com tapi tidak ditemukan web itu,  kemudian coba browsing juga tentang agen arya tour and travel yang dimaksud, samma, gak ada juga. Waduh2 hati mulai saaaangaaat curiga

Kemudian pihak travel sms “harap hubungi kami segera”…. Aku pun tidak menghubunginya… alhasil pihak travel yg hubungi aku 1 kali tidak aku angkat 2x hingga ke3 kalinya, karena aku jadi semakin yakin kalo ini bener2 penipuan, masak yo ada perusahaan yang kesannya "ngebet" banget menghubungi calon karyawanya ya kan..
Jadi temen2...
  • Teliti kembali perusahaan yang dituju, misal dari alamat emailnya, gak mungkin kan instansi gedhe tapi pake email yang gratisan apalagi aneh, biasanya alamat email yang resmi berdomain khusus seperti akhiran .com , .co.id , .co.uk dsb. Kalo yang gratisan ada: gmail, aim mail, gmx, mail. inbox, ownemail. gawab, yahoo, ymail, rocketmail, hotmail, dll-nya.
  • Gak ada perusahaan yang bermitra dengan agen travel tertentu dalam perekrutan karyawannya. Kalo disuruh nransfer uang, jangan mau ya, soalnya kalo sampe nransfer uang pasti nggak kembali dan pekerjaan pun nggak bakal didapet
  • Waspada, Berikut sms panggilan dari loker abal2 

Sobat,,, hati-hati dengan segala tawaran, harap di cek terlebih dahulu… jangan sampe kettipu mentah mentah ya…. Semoga ALLAH SWT melindungi kita dari segala macam penipuan dan segera mendapatkan pekerjaan yang barokah #Amiin. Tetap semangat dan terus berusaha #Fighting!!!! ☺☺☺


54 komentar:

  1. adalagi... bulog@asia.com
    0823-1669-3334

    BalasHapus
  2. kalo email nya menggunakan e-recruitment.perumbulog@tuta.io itu penipuan juga gak ya gan?

    BalasHapus
  3. kalo email nya menggunakan e-recruitment.perumbulog@tuta.io itu penipuan juga gak ya gan?

    BalasHapus
  4. Kalau email nya karyabulog@yahoo.com apakah penipuan juga ya gan?

    BalasHapus
  5. Kalau email nya karyabulog@yahoo.com apakah penipuan juga ya gan?

    BalasHapus
  6. Ane juga dapet. Cuma ane ga gubris karna udah ketahuan isinya.
    Isinya dari sheet 1 meyakinkan dan mulai sheet ke-3 dst meragukan.
    Dan point fatalnya ga ada perusahaan nunjukin gaji yang sifatnya private.
    Lebih teliti aja.
    Oh iya nice posting untuk mba rofiqatul khasanah

    BalasHapus
  7. Mantap DECH...
    Kita jalan baru hari ini tuh dapet undangannya.

    Thx u mba rofiqatul khasanah atas berbagi pengalamaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane dapet juga nih gan, tapi di table ada nama nama yang di panggilkan ya

      Hapus
  8. Aku hampir bernasib sama.email nya bulog.com skrg untuk nipu.nah setalah saya tanya temen sya yg bener2 gwe di bulog rekruiment dri lp3t unair itu yang benar asli.

    BalasHapus
  9. Terimakasih reviewnya kak, hampir aja aku mau transfer 2jutaan ke agen arya travel,, tapi mikir dulu masa iya perusahaan pemerintahan minta tf duit dlu,, trus tanya ke tmen dinas yg berpengalaman katanya penipuan,, aq cek di web alamat kantor pusat ada kejanggalan, alamat email jg janggal. Prasaan daftar ke peruri kog dpt email dr bulog..kecurigaan makin kuat lah.
    Sekali lg makasih kak

    BalasHapus
  10. Aku juga dpet nih
    Emngnya penipuan ya

    BalasHapus
  11. saya juga dapet ini gan. buat tgl 8-9 di kantor bulog. emailnya bulog@dr.com. hoax juga ga agan agan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semua yang akhirnya .com pasti penipuan.
      yg resmi itu akhirnya .co.id

      Hapus
  12. hati hati ya all,
    perusahaan yang resmi
    tidak pernah mengiming-imingi/ mengumumkan secara terbuka sekecil atau sebesar apapun gaji yg akan didapat calon karyawan,
    gaji itu biasanya akan dibicarakan pada saat wawancara tahap akhir / pada saat kontrak akan di tanda tangan.

    perusahaan yang resmi
    berkewajiban membayar hak karyawan pada saat calon sudah resmi diterima menjadi karyawan (apakah itu pembayaran gaji/ biaya pengobatan dll sesuai kontrak).

    jadi perusahaan yang resmi
    tidak pernah mengiming-imingi mengganti biaya transport dll bila status anda masih calon karyawan (yg belum pasti keterima / tidak)

    kalau anda harus wawancara/ tes psikotes ke kantor pusat misal jakarta biaya transport sepenuhnya menjadi tanggungan anda sendiri.

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas pengalamannya, kebetulan tepat hari ini saya merasakan apa yang anda tulis dan semuanya terjadi 100% sama

    BalasHapus
  14. terimakasih postinganya sangat membantu saya baru dapet panggilan,dan saya curiga saya browsing nemu postingan mbanya.

    BalasHapus
  15. Baru semalam sya juga dpat panggilan test yang sama...thank you atas infonya..

    BalasHapus
  16. Baru semalam sya juga dpat panggilan test yang sama...thank you atas infonya..

    BalasHapus
  17. Mohon semua lebih teliti dan waspada apabila mencari info loker di internet....#Selly F

    BalasHapus
  18. Mohon semua lebih teliti dan waspada apabila mencari info loker di internet....#Selly F

    BalasHapus
  19. thanks infonya. saya penasaran kalo ada case sampe kejadian transfer dan berangkat ke alamat tersebut lalu sampe TKP nasipnya bagaimna ?

    BalasHapus
  20. Iya ini jelas penipuan, smalem saya dapet email juga dari mereka. Dari bulog@dr.com.
    Saya teliti kembali kalau kalau ini penipuan, karna ga ada instansi pemerintah yg kirim undangan interview melalui email di jam 8 malam.
    Lagian travel agentnya juga ga ternama, saya orang travel agent. Jadi tau betul itu travel macam apa
    Kalaupun ini betul dari pemerintah, setidaknya nama travel agentnya harus seperti : Panen tour and travel, Golden rama, HIS travel, Shilla tour, Bayubuana, Dwidaya, Avia, Antavaya dll.
    Lah ini travelnya aja ga resmi, dia ga ada dan juga ga tercantum di ASITA, itu travel ilegal,
    Jadi ini menurut saya penipuan travel agent yg mengatasnamakan instansi pemerintah.
    Hati2 sobat job seeker

    BalasHapus
  21. ane juga dapat.. awalnya seneng banget.. eh nanya2 ternyata ada yg bilang hoaxs.. emailnya : bulog@dr.com

    emg ane juga ga habis pikir ko ada ya perusahaan yg menampilkan gaji nya.. oklah thank sob

    BalasHapus
  22. Share jg, 3 Des 2018 sy jg dapet email dari bulog@dr.com dikirim undangan seleksi berupa file pdf, dari awal kejanggalannya banyak bgt akan saya buat per point:
    1. kop surat (logo bulog) asal2an bentuknya, file gambarnya pecah dan terkesan ditarik2 dgn editing yg payah bgt
    2. tanda tangan pengesahan direkturnya antara materai dan font tdk realistis (berimbang)
    3. tanda tangan direktur tidak benar2 ditandatanganin di atas materai tp dengan editing asal ditimpakan ke scanan materai mestinya tnd tngan dan materainya satu-kesatuan ketika discan
    4. Dilampirkan peserta yang diterima untuk seleksi sgt sdikit skitar 20 org, sgt janggal untuk perusahaan segede perum bulog
    5. Orang tua/wali diperkenankan mendampingi bahkan biaya akomodasi akan diganti (gile bener dah dkira bocah TK mau wisata boleh didampingi org tua)
    6. Peserta DIWAJIBKAN melakukan reservasi tiket dan hotel (udh mulai jelas modusnya)
    7. tiket reservasinya gak tanggung2 langsung pesawat, udh gtu maskapainya lengkap pula dikasih pilihan ditulisannya ada logo2 maskapainya dari lion, citylink, sampai garuda bahkan merpati yg udh lama off
    8. Dikasih tahu nominal gaji yg menggiurkan

    dan selanjutnya alasan yg bener2 membuktikan kalau ini penipuan

    9. alamat emailnya bulog@dr.com (dari awal keliatan aneh) begitu disearch di google eh yg kluar malah blognya mba rofiqotul-khasanah yg njelasin modus penipuan serupa (makasih mba share infonya)
    10. dilihat dri syp saja yg dikirim email ini tertera cmn 2 alamat email, mestinya pesertanya ada 20 dan panitia rekrutmen hampir pasti kalo ngirim email langsung ke alamat smua peserta skaligus dalam skali kirim

    oke sebenernya masih ada lagi pastinya kejanggalan2nya tp sgtu udh ckup

    BalasHapus
  23. Aku jga dapet email kaya gitu
    Berarti feel aku bener soalnya sih pihak yg mengaku staff Bulog pas aku telp malah ga diangkat tapi pas pihak travel itu malah ngebet telpnin aku trus untuk nanyain kapan di transfernya 😑

    BalasHapus
  24. Aku juga barusan panggilan dari wika. Real nipunya dicantumin gajinya 10jtan udah seneng dpt panggilan eh nipu ternyata

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Iya aku juga dapat panggilan dari siloam hospitals, awal nya percaya aja karena memang lagi butuh kerja,tapi saat tanya pendapat teman ada yg bilang hati2 penipuan. Dari situlah saya langsung kroscek, ternyata benar bnyak yg sudah/hampir kena tipu. Alhamdulillah masih di beri petunjuk ,untuk teman2 yg lainnya harap lebih berhati-hati lagi. Terimakasih mbak rofiqotul khasanah infonya

    BalasHapus
  27. thank ni info nya
    hampir ane ketipu mentah mentah ni saking seneng nya
    tapi pas di lihat lebih teliti
    udah yakin kalo ini penipuan
    coba liat dari pormat logo bulog dan logo travel nya
    udah jelas keliatan banget kalo ini penipuan.
    teman teman harap hati hati dan pelajari lagi lebih seksama kalo ada panggilan tes dari BUMN
    karna banyak sekali penipuan

    BalasHapus
  28. Thnks mbak infonya...sy pcc kediri,hampir aj mau brgkt k jakpus besok coz ada undangan dr perum pegadaian untuk interview tgl 21-12-2019.nomor hrd yg embak cantumkan di atas itu sama sm nomor yg hub sy.untungnya blm sempat tf.trmksh bnyk y mbk!!🙏

    BalasHapus
  29. Baru malam ini saya dapat panggilan juga mengatasnamakan bulog..
    Yang anehnya, lagi masa kayak gini kok dapet interview kerja..
    Dasar penipu...

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah saya blm masuk perangkap kalo gtu,makasih mbak infonya,awalnya saya udh seneng banget dapet panggilan walaupun baru test seenggaknya ada harapan,tapi setelah membaca post mbaknya dan kejadiannya sama persis dg yg saya alami dan para komentator sekalian,sya makin yakin ini adalah penipuan,Terimakasih banyak

    BalasHapus
  31. baru siang ini aku juga dapat panggilan tes, tapi dari pegadaian. awalnya udah girang" sampe gemeter, apalagi orang tua juga udah seneng. terus seleksinya itu di jakarta sedangkan domisili di pasuruan. niatnya nanti yang dampingi kakak ku soalnya udah pernah merantau di Jakarta. nah, akhirnya kakak ku yang telpon dan bilangnya disuruh hubungi agen Arya tour and travel buat akomodasi perjalanannya, disitu mamaku udah ngerasa gk enak takunya tipu". terus sama si agen travel ini kemudian disuruh transfer pembayaran sebesar Rp 4.710.000 buat perjalanan 2 orang, dari sini makin gk enak lah perasaan mamaku, kakak ku juga awalnya kaget terus coba hubungi 2 pamanku buat kasih tau juga, dan 2 pamanku bilang jangan percaya penipuan itu, makin menjadi deh kekhawatiran mamaku dan akhirnya pergi sama kakakku buat nemuin orang pegadaian buat klarifikasi. selagi mereka keluar aku browsing" deh kasus" penipuan gini dan ternyata emang bener dong. Alhamdulillah, untung aja aku nemu blog kaka

    BalasHapus
  32. Sama banget. Aku semalem dapat email dari pegadaian@post, dan di undangannya nama nama yang berhak ikut tes selanjutnya dijakarta tertera. Email yang mengirim undangan juga sama dengan email aku kirim lamaran yang dapat dari situs loker yang ada di internet. udah excited parah, untungnya mama aku klarifikasi ke kenalannya di pegadaian dan mereka gaada penerimaan. Blog nya bermanfaat banget jadi makin yakin itu penipu

    BalasHapus
  33. Sama persis, malam saya juga dapat email sekitar jam 20.30 panggilan intvew di jakarta tgl2-3 Sep dari Pegadaian, senang juga dpt panggilan, sdh hubungi bpk, tanya keluarga ambil, dan datangi saja.
    Sudah dpt restu akhirnya sy browsing dulu dimana si...alamatnya arya tour...
    Giliran sdh ngebuka arya tour ternyata hanya tipu2. Dan paginya jg dpt sms klo sdh ada email masuk panggilan intv suruh buka. Malah makin yakin klo tipu2 saja...

    BalasHapus
  34. Saya dapat spam email, dari awal cek spam udah tau ini penipuan. Buka shet undangannya dari awal kentara banget, mana ada konfirmasi kehadiran lewat agent travel. Tsk.

    BalasHapus
  35. saya barusan dapat email juga saya tadinya mau berangkat tapi untungnya saya nyari informasi dulu

    BalasHapus
  36. Terimakasih,saya gak jadi ketipu

    BalasHapus
  37. ada lagi kak
    perumbulog@recrutmen.com

    BalasHapus